Bekraf Turunkan Tim IKKON untuk Meningkat Daya Saing UMKM Belitung

(Tanjungpandan|AksiBabel) Tingkat kunjungan Kumbe Mart (Komunitas UMKM Belitong) mengalami peningkatan seiring meningkatnya produk yang ditawarkan. ” Tadi banyak mengincar lempok, sirup jeruk kunci, brownies berbahan tepung rap dan lada ” kata Koordinator Kumbe Mart Istanti Safitri saat ditemui usai menerima kunjungan Tim IKKON ( Inovasi Kreatif Kolaborasi Nusantara) dari Badan Ekonomi Kreatif, Senin (19/2/2018).

Selama dua hari (19-20 Feb) Tim dari Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia) mendatangi sejumlah UMKM, tidak hanya mencicipi, hasil dan mata rantai produksi produk yang ada di Kumbe Mart tapi juga meninjau proses produksi UMKM terutama desain.

Dipimpin Kasubbag Tata Usaha Direktorat Edukasi Ekonomi Kreatif Amir Hamzah, SE,MM didampingi perwakilan Kementerian Pariwisata dan Kadin Pariwisata Kabupaten Belitung Ir.Hermanto

Sementara usai mengikuti rapat tadi pagi di Kantor Dinas Pariwisata, Kabid UKM Dinas UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Mula Samosir Mula Samosir menjelaskan maksud kedatangan Bekraf meninjau UMKM. Ada 12 kabupaten/kota disurvei, terpilih 5 daerah. Salah satuya Kabupaten Belitung.

” Tujuannya meninjau daerah yang akan dibina untuk menghasilkan produk yang punya daya saing dan daya jual (meningkatkan nilai tambah kekinian). Penilaiannya dari tanggal 19-20 Februari. Bulan April akan didatangkan 14 desainer” jelas Mula.

Untuk menilai kemampuan UMKM, Bekraf dengan program IKKON akan mendatangkan desainer dari berbagai disiplin ilmu, fotografer, antropolog, videographer sehingga berkembang potensi lokal atau produk yang berindikasi geografis di Kabupaten Belitung. Manfaat lain dari IKKON adalah penghargaan terhadap intelektual properti dan sustainability

Selain KumbeMart, rombongan juga mengunjungi Galeri KUKM, Komunitas Bekemas dan InSolusi, Batik Sepiak, pengrajin satam, pengrajin gambus Baro Begado, kerajinan kerang Marsidi, Batik d-Mahen, pengrajin batik cual di desa Juru seberang .

Tampak hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir.Ubaidillah, Kabid Ekonomi Bappeda Bakri Hauriansyah, Kabid UKM Dinas UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Mula Samosir, Manager KUKM Sulaiman Ichsan.(IKP/Fiet)