Muang Jong

Muang Jong berarti melepaskan perahu kecil ke laut. Perahu kecil tersebut berbentuk kerangka yang didalamnya berisikan sesajian. “Ancak” yaitu rumah-rumahan juga berbentuk kerangka yang melambangkan tempat tinggal.
Tradisi budaya ini secara turun-temurun dilakukan setiap tahun oleh masyarakat Suku Sawang di Kabupaten Belitung menjelang musim Tenggara, sekitar bulan Agustus atau September. Dimana angin dan ombak laut pada bulan tersebut sangat ganas dan mengerikan. Ritual Muang Jong dengan bertujuan memohon perlindungan agar terhindar dari bencana yang akan menimpa, terutama di laut.

Tari Mendulang Timah

Tarian yang tercetus setelah boomingnya film laskar pelangi karya Andrea Hirata yang identik dengan tarian anak-anak Belitong yang seluruh badannya dilumuri lumpur. Mereka membawa dulang dan melakukan gerakangerakan seperti sedang melakukan aktivitas mendulang timah.

Suasana penuh keceriaan terlihat sekali dari raut wajah anak-anak asli Belitung ini. Tari Mendulang Timah ini biasanya dibawakan sekitar 20 anak atau bahkan lebih.

Nirok Nanggok

Nirok Nanggok adalah wujud kearifan lokal masyarakat Belitung ekosistem sungai. Ritual ini merupakan acara menangkap ikan secara masal di Lemong Titi Jemang, Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, pada musim kemarau. Keseluruhan prosesi dipimpin oleh seorang Dukun Aik melalui tahap-tahap tertentu dengan aturan-aturan adat yang tidak boleh dilanggar. Alat tradisional yang digunakan untuk menangkap ikan dalam upacara ini berupa tirok dan tanggok.