0. Map

Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai yang paling indah di Pulau Belitong dan telah dikunjungi oleh wisatawan baik luar atau dalam negeri. Tempat ini juga memiliki pelabuhan yang digunakan untuk Island Hopping, yang menjadi kegiatan pariwisata paling diminati di Pulau Belitong. Rute Island Hopping melewati : 1. Pulau Garuda Rock, 2. Pulau Pasir, 3. Pulau Lengkuas, 4. Pulau Gede Kapayang dan 5. Pulau Berlayar.


pantai_tanjung_kelayang

Tanjung Kelayang berada di Kabupaten Belitong yang bercirikhaskan batu granit yang menyerupai kepala burung garuda (eagle rock). Granit di Pulau Belitong banyak berbentuk bongkahan yang terjadi akibat pengaruh proses pelapukan dan erosi pada retakan-retakan bebatuan granit yang terisi oleh air dan panas matahari.


pantai_tanjung_tinggi

Pantai Tanjung Tinggi. Yaitu panorama indah dengan pasir putih di sepanjang pesisir. Pantai ini sangat populer karena lokasi ini menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di utara Pulau Belitong dengan 30 menit waktu perjalanan dari kota.


pantai_siantu

Keberadaan batuan beku yang berasal dari aktivitas magmatisme atau gunung api di Pulau Belitong dikelompokkan sebagai Formasi Siantu (Baharuddin dan Sidarto, 1995). Ini terdiri dari lava basal yang menunjukkan struktur lava bantal; Dan breksi vulkanik. Usia didasarkan pada kesamaan lingkungan dan selaras dengan Formasi Kelapa Kampit yang diperkirakan dari Permo-Carbon.


5. Balancing Rock-1000

Ini adalah salah satu formasi batuan yang unik dan salah satu yang paling tidak biasa adalah Balancing Rock. Lokasinya berjarak 200 meter dari tepi Jalan Ranati, Dusun Aik Gelarak, Desa Air Selumat, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitong, Provinsi Bangka Belitong. Pasti traveler yang sangat penasaran. Batu Banitan ada di atas Batu Banitan. Batu Banitan adalah batu granit besar berukuran 100 meter di atas permukaan laut.


6. Bukit Peramun-1000

Bukit Peramun terletak di Hutan Desa Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitong. Peramun berarti peramu (pengumpul) atau ramu (ramuan) atau peramuan (peracikan), yang muncul karena tradisi masyarakat awal yang menanam tanaman herbal dan obat di sini secara turun temurun. Keanekaragaman flora lokal dapat ditemukan di daerah ini dan berguna dalam pengobatan herbal, seperti tanaman obat untuk penyakit Malaria, postpartum, dan lainnya. Selanjutnya, bukit ini juga menawarkan pemandangan yang indah di ketinggian.


7. Kuale Mangrove-1000

Bakau Kuale adalah hutan bakau yang terletak di sepanjang Sungai Kuale, Dusun Piak Aik, Desa Sijok, Distrik Sijuk. Hutan ini memiliki 6 jenis Mangrove. Wisatawan dapat menikmati area ini menggunakan perahu kecil yang disediakan, dan juga bisa memancing di sungai sepanjang 650 meter ini.


8. Terong Village 3 8. Terong Village 1 8. Terong Village 2

Desa ini terletak 10 km dari kota Tanjung Pandan di jalan pesisir utara Pulau Belitong, di mana itu menghubungkan Tanjung Pandan ke Tanjung Kelayang dan pantai Tanjung Tinggi. Setiap jenis tujuan pariwisata di sini dikelola oleh komunitas lokal. Bersama-sama, mereka mempromosikan Desa Terong sebagai desa wisata "kreatif". Tempat-tempat wisatanya adalah Tebalu Simpor Laki Granite Mountain, Air Rusa Berehun ex site lake, agro-tourism dan Mangrove Forest. Ini adalah tur pariwisata lengkap yang memiliki wisata alam, budaya dan buatan. Tujuan utama dari kegiatan pariwisata di sini, adalah memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada para wisatawan adat tradisional tentang perikanan, kerajinan dan pertanian.


9. Museum Tj. Pandan 2 9. Museum Tj. Pandan 1 9. Museum Tj. Pandan 3

Museum Tanjung Pandan Belitong terletak di Jalan Melati, 41A, Kota Tanjung Pandan. Awalnya bernama Geology Museum, museum ini didirikan oleh Menteri Instruksi Industri dan Pertambangan Indonesia, Dr. Chaerul Saleh (10 Juli 1959 – 28 Maret 1966), kepada perusahaan tambang timah di Belitong, Bangka dan Singkep untuk membangun museum di setiap daerah. Museum Tanjung Pandan ditempatkan di sebuah bangunan tua, yang merupakan bekas Kantor NV Billiton Maatschppji, dan juga rumah untuk kepala penambangan timah Belitong di era kolonial Belanda.


Blue-Lake4

Danau Kaolin, atau Blue Lake, adalah situs penambangan aktif. Situs ini adalah bekas situs penambangan kaolin yang digunakan sebagai material keramik. Danau ini terbentuk karena pengerukan kaolin atau penambangan di kedalaman 2 hingga 10 meter. Karena warna putih Kaolin di permukaan dan dasar danau, itu menyebabkan warna biru air. Pemandangan luar biasa ini adalah hal yang paling menarik dari situs ini. Disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan mulut danau karena tanahnya yang rapuh.


11. Bali Trans 3

Bali Trans adalah desa tradisional di Pulau Belitong. Di pintu masuk desa ini, ada dia gerbang khas Bali, bernama Gapura. Pengunjung akan menikmati pemandangan rumah-rumah tradisional Bali yang memiliki kuil-kuil kecil di sekitarnya. Desa ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitong. Desa Bali didirikan sejak tahun 1991. Pada saat itu, ada sekitar 50 keluarga dari daerah Bali datang ke Sijuk sebagai transmigran. Setahun kemudian, tambahan 100 keluarga juga dari Bali datang ke desa ini lagi dan menyebar dengan mantan penduduk Bali.


12. Pantai Batu Bedil

Batu Bedil Beach terkenal dengan efek suara batu chasher ketika gelombang besar datang. Suara ini tercipta dari lubang-lubang kecil dan terowongan kecil yang tersusun dalam struktur batu granit yang mengalirkan suara. Lubang dan terowongan ini terbentuk karena kekuatan gelombang di zona lemah dari batu. Pantai ini terletak di Pulau Belitong Barat Utara dekat perbatasan Kabupaten Belitong dan Kabupaten Belitong Timur, dengan 1 jam perjalanan waktu dari kota Tanjung Pandan.


13. Open Pit - Kelapa Kampit

Kawah penambangan timah ini mengekspos batuan sedimen khas, yaitu batupasir merah, kuarsa dan metamorfosa, yang merupakan bagian dari sejarah Permo-Karbon Kegiatan penambangan timah di Kelapa Kampit, Gunung Kik Karak disebut "lubang terbuka", karena ini Tambang dilakukan dengan cara terbuka (lubang terbuka), dengan membuat lubang besar seperti kawah gunung berapi, dan dilanjutkan di penambangan bawah tanah) dengan membuat terowongan baik secara horizontal maupun vertikal. Ada 9 tingkat penambangan undergrond yang diciptakan di sana menurut warga setempat. Kegiatan penambangan dimulai ketika sejumlah besar sumber daya timah didirikan di Gunung Kik Karak. Kemudian Perusahaan Penambangan Australia, BHP (1971-1985) membuat penggalian raksasa membentuk kawah di puncak Gunung Kik Karak. Kawahnya sebesar gunung api.


14. Keran Island Beach 1 14. Keran Island Beach 2

Pulau Keran terletak di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitong Timur. Ini adalah pulau penghuni dan dikembangkan sebagai olahraga laut dan air. Dari pelabuhan Selindang, dibutuhkan sekitar 45 menit untuk mencapai pulau. Dalam perjalanan ke Pulau Keran, wisatawan dapat menikmati pemandangan yang indah dari laut biru yang jernih menunjukkan terumbu karang, berbagai hewan laut dan kesempatan menonton lumba-lumba. Di pulau itu, paket pariwisata adalah snorkeling, diving, rappelling, kayak, pelacakan hutan, caving, memancing dan memancing tombak.


15. Kwan In Temple 1

Vihara Dewi Kwan Im ini terletak disebuah bukit di kaki Gunung Burungmandi yang berarsitektur China, yang didedikasikan untuk seorang Dewi Kwan Im yang ingin menolong manusia keluar dari penderitaan. Vihara yang indah dan eksotis ini bertengger di atas bukit tersebut menghadap ke arah selat Karimata tempat munculnya matahari terbit. Secara administrasi terletak di Desa Burungmandi, Kabupaten Belitung Timur. Vihara yang dibangun pada tahun 1747 sampai tahun 2012 merupakan vihara tertua yang telah berumur 266 tahun, merupakan bukti sejarah peradaban Buddha China yang ada di Belitong.


16. Gantong (sumber.google)

Laskar Pelangi Gantong, atau Rainbow Troop Gantong adalah replika Sekolah Dasar Muhammadiyah Gantong yang digunakan dalam film “Laskar Pelangi”. Bersamaan dengan itu, ada juga museum kecil bernama Laskar Pelangi Museum. Ada sepeda tua dan musik Melayu tradisional yang disimpan di sina. Koleksi lain yang digunakan dalam film Laskar Pelangi disimpan di Museum Sastra Andrea Hirata, yang terletak tidak jauh dari replika sekolah ini. Datang melalui Museum, kita akan bisa menelusuri kembali perjalanan Novel Laskar Pelangi, dimulai dari cuplikan beberapa halaman buku, sampai proses bagaimana menjadi film mega hit di Indonesia.


Moss-Forest1

Belitong Moss Forest adalah hutan dengan ketinggian 175 mdpl yang ditumbuhi berbagai lumut dengan berbagai ketebalan. Hutan ini terletak di Desa Limbongan, kabupaten Belitong Timur. Hutan ini memiliki luas 18 Ha dan 3 Ha yang dipenuhi lumut. Hutan ini dibuka untuk umum pada bulan Februari 2017. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan akan melewati jalur di tengah pepohonan lada yang dimiliki oleh masyarakat.


penyabong1

Pantai Penyabong terletak di sisi selatan Pulau Belitong di Kabupaten Membalong, 70 km dari Kota Tanjung Pandan. Seperti pantai lainnya di pulau ini, ia memiliki batu granit besar dan pantai putih yang indah di daerah pantai tetapi berbeda pada ombak, yang relatif lebih besar di pantai ini. Ada juga pepohonan di sepanjang pantai yang menghasilkan angin sehingga membuat udara sejuk bagi para turis. Ikon pantai ini adalah batu granit besar panjang yang menjorok ke laut membuatnya terlihat seperti dermaga. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mengabadikan momen bagi para pengunjung.


19. Baginde Rock

Batu Baginde terletak di distrik Membalong yang terbentang oleh jalan yang terawat dengan baik sekitar 60 km dari Kota Tanjung Pandan. Pemandangannya bagus, turis harus mendaki ke puncak bukit dengan berjalan kaki sejauh 200 hingga 300m. Batu raksasa ini adalah dua batu besar yang sangat dekat satu sama lain. Batuan pertama memiliki tinggi 162m yang disebut Laki-laki. Batu lain adalah 156m yang adalah Perempuan. Jika kita melihat dari Baginde Rock Beach, tampak seperti menara kembar yang menjaga Membalong. Daerah ini merupakan nuansa magis yang memiliki legenda yang sangat kuat dengan asal usul Belitong.


Kubing1

Gunung Kubing terletak di Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitong (sekitar 40 menit waktu perjalanan dari Tanjung Pandan) Ini adalah daya tarik wisata alam, memiliki jenis pengalaman petualangan. Untuk mencapai puncaknya, dibutuhkan 10 menit trekking gunung dengan ketinggian 200 meter. Sepanjang jalan, wisatawan akan menikmati pemandangan indah pepohonan, pegunungan dan udara segar. Daya tarik utama di sini adalah air terjun dan laguna alami yang bisa dinikmati setelah melakukan pendakian. Turis sering berenang sambil melihat pemandangan indah ke arah gunung dan hutan palem yang mengelilinginya. Ada juga gua Nek Santen.


JuruSeberang1

Juru Seberang adalah nama sebuah desa di Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitong. Di lokasi ini terdapat hutan mangrove yang dikelola sebagai tempat wisata. Di samping fungsi pariwisata, bekas lokasi penambangan ini juga menjadi kawasan budidaya udang oleh penduduk setempat. Wisatawan dapat menikmati Pantai Gusong Bugis yang memiliki pasir putih dan ombak kecil. Untuk mengelola tempat ini, didirikan kelompok oleh komunitas lokal bernama HKm Juru Seberang.

OPEN PIT NAM SALU – WARISAN TAMBANG TIMAH PRIMER BELITONG

Tambang terbuka Nam Salu adalah warisan tambang timah primer yang dikelola oleh PT. BHPI, yang merupakan perusahaan terbesar di Australia melalui Kontrak Karya generasi II tahun 1970. Lokasi ini dahulunya pernah di ditambang oleh Belanda dari tahun 1873 dan berhenti ketika terjadi perang dunia ke-2. Endapan timah primer yang sekarang yang jadi bukaan tambang ditemukan oleh BHP yang tidak terindikasi sebelumnya oleh Belanda karena tertimbun 70m di bawah permukaan tanah. BHP menemukannya karena mengetahui bahwa timah primer di Belitong berasosiasi dengan magnetite, kemudian menggunakan teknologi aeromagnetic dan dilanjutkan dengan ground magnetic pada tahun 1971. Anomali yang kuat dan kemudian dilanjutkan dengan pemboran, menemukan bagian bawah tubuh bijih oleh DDH 22. Kemudian eksplorasi 22 di kerjakan dan menembus tubuh bijih tebal 40m dengan kadar 2.0% Sn pada elevasi 11.11m di atas permukaan laut pada tahun 1976. Endapan ini merupakan endapan timah terkaya di Asia Tenggara yang menyebabkan BHP bisa melanjutkan ke tahap penambangan.

Nam Salu sendiri merupakan Bahasa Kek/Hakka yang bermakna “Nam”: selatan, “Salu”: timah yang berarti timah yang ada di bagian selatan. Namun, terminology ini kemudian digunakan oleh Roger Taylor untuk mewakili satuan batuan tufa sebagai perangkap mineralisasi.

Tercatat endapan ini tercatat 594 ribu ton @2.25%Sn. Terdapat terowongan yang 676m disebut Fuk Salu yang berarti urat timah barat yang nerguna menjaga batas air di pit. Pekerjaan Open Pit ini dimulai pada tahun 1979 dan berakhir pada tahun 1993 saat krisis harga timah dunia.