GEOPARK KALDERA TOBA, SUMATRA UTARA

Danau terbesar di dunia ini mempunyai ukuran panjang 87 kilometer, lebar 27 kilometer, dan kedalaman 505 meter. Lokasinya terletak sekitar 176 kilometer arah barat Medan.

Banyak tradisi budaya yang disuguhkan di kawasan Danau Toba, seperti Festival Danau Toba yang berlangsung 6-9 Desember 2017 lalu. Danau yang tercipta dari erupsi Gunung Toba Purba ini memiliki keragaman hayati (biodiversity), geologi (geodiversity), dan budaya (culturdiversity).

GEOPARK GUNUNG RINJANI, NUSA TENGGARA BARAT

Inilah salah satu objek wisata populer yang selalu diimpikan banyak pendaki dari seluruh dunia. Kawasan Gunung Rinjani merupakan surga kecil di Indonesia yang mempunyai Segara Anak sebagai ikonnya.

Bukan hanya menonjolkan keindahan alamnya saja, ada banyak objek menarik lainnya. Ada pun di antaranya yakni candi Meru, desa tradisional Karang Bayan, Pulau Gili, air terjun Joben, dan banyak lainnya.

GEOPARK GUNUNG BATUR, BALI

Tak jauh dari NTB, ada Gunung Batur yang merupakan gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Bali. Gunung Batur diresmikan sebagai Taman Dunia sejak 20 September 2012.

Selain menjadi yang pertama diresmikan UNESCO, Gunung Batur juga dikenal sebagai salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Di sini juga terdapat sebuah danau berbentuk bulan sabit yang berukuran sekitar 7,5 kilometer dan lebar 2,5 kilometer. 

GEOPARK MERANGIN, JAMBI

Terletak di Desa Air Baru dan Dusun Baru, terdapat sebuah taman dunia bernama Merangin. Kamu memerlukan waktu sekitar 7 jam perjalanan untuk bisa sampai dari Jambi.

Tempat ini memang dikenal sangat alami dan terjaga, banyak tempat yang harus kamu lalui dengan penuh perjuangan. Salah satu yang menjadi daya tarik di sini adalah adanya penemuan fosil flora berusia lebih dari 350 juta tahun.

GEOPARK GUNUNG SEWU, YOGYAKARTA

Geopark di Yogyakarta ini mempunyai luas wilayah sekitar 1.802 kilometer persegi. Ada 13 situs alam yang terbagi tiga wilayah, mencakup Gunung Kidul, Wonogiri, dan Pacitan.

Sebagai destinasi populer, tentu kamu sudah tahu beberapa wisata menariknya.  Seperti Kali Ngalang, Gua Jomblang, Bejiharjo, Pantai Wediombo, Karangmojo, dan banyak lainnya. Semoga situs-situs di dalamnya masih tetap terjaga, sebab pada 2019 akan ada revalidasi dari pihak Global Geoparks Networks (GGN).

GEOPARK CILETUH, JAWA BARAT

Kawasan di Jawa Barat ini merupakan yang terbaru dan akan segera diresmikan pada April mendatang. Kawasan ini telah dikembangkan menjadi wisata terpadu. Mulai dari pemberdayaan masyarakat lokal, pengembangan desa binaan, dan pengembangan geowisata.

Ada banyak objek wisata menarik yang bisa kamu nikmati di sini. Misalnya seperti panorama Pantai Palangpang, Curug Awang, bukit Panenjoan, Taman Purba, dan banyak lainnya.