GEOTRACK

Kita dapat menjelajahi beberapa geosite dan interesting place yang ditawarkan oleh Pulau Belitung dalam 4 hari. Hari pertama kita dapat mengunjungi 7 lokasi di Kabupaten Belitung yaitu, Danau kaolin, Bukit Peramun, Bakau Kuale, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang , Oleh-oleh Durio dan Museum Tanjung Padan. Dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin kita tadap memulainya dari Danau Kaolin/ Kolong Kaolin. Kolong Kaolin merupakan lubang galian tambang yang lambat laun terisi air hujan ataupun mata air sekitarnya sehingga membentuk danau berwarna biru. Lokasi kedua adalah Bukit Peramun. Bukit Peramun terletak di Hutan Produksi (HP) Desa Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Peramun diartikan dengan ramuan atau obat-obatan herbal. Setelah mengunjungi bukit peramun, wisatawan dapat menikmati wisata bahari di Pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang. Pantai tersebut merupakan lokasi paling diminati wisatawan. Pantai ini merupakan pantai dengan gugusan batu granit yang indah. Wisatawan dapat melakukan island hopping untuk menikmati gugusan pulau yang indah di pantai ini.

Hari kedua, wisatawan dapat mengunjungi Juru Sebrang, Museum Badau, dan Satam Batu Penyu. Batu satam merupakan batuan khas Indonesia yang ditemukan di pulau Belitung Timur. Batu ini berwarna hitam dan memiliki urat-urat yang khas sehingga menjadi salah satu icon Pulau Belitung.

Sedangkan hari ketiga wisatawan dapat mengunjung Museum Laskar Pelangi Gantong dan Bukit Samak. Laskar pelangi merupakan suatu film anak negeri yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata yang mengisahkan kehidupan masyarakat Belitung. Film ini sukses menarik animo masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Buku Laskar Pelangi sudah diterbitkan di 20 negara di seluruh dunia. Film ini memberikan kontribusi besar dalam kepariwisataan Belitong. Lokasi pengambilan film merupakan lokasi yang paling diminati wisatawan.

Hari terakhir adalah Pantai Burung Mandi, Open Pit Nam Salu, Trans Bali dan Pantai Batu Bedil. Pantai Burung mandi merupakan pantai dengan ombak tenang. Di pantai ini terdapat perahu tradisional masyarakat Belitung yang disebut “keter” yang menjadi atraksi unik tersendiri di pantai ini. Lokasi lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Open Pit Nam Salu. Open pit merupakan kawah bekas galian tambang terbuka. Open Pit Nam Salu merupakan galian tambang timah primer terbesar pada jamannya.